loading...
Home » » penyebab komputer hang atau tidak mau booting

penyebab komputer hang atau tidak mau booting

Posted by Lateng tutorial on Tuesday 27 June 2017

Cara memperbaiki komputer yang hang atau selalu mengatur waktu dan tanggal

Maaf ya kawan baru kali ini saya post tutorial lagi, nh pada tutorial kali ini saya akan membahas baterai CMOS. Jika motherboard tidak terpasangi oleh battery CMOS,maka pesan error akan tampak disaat booting computer,dan jika komputer tetap dipaksa berjalan tanpa menggunakan battery CMOS,maka Computer tersebut akan beroperasi menggunakan BIOS “default setting”.
Berikut fungsi utama dari Battery CMOS
  • Digunakan Untuk menyimpan waktu pada Computer (time setting).
  • Untuk menyimpan setting BIOS.

ini adalah gambar baterai CMOS yang masih terpasang di motherboard.
dan ini adalah gambar baterai CMOS.
Nah biasanya komputer yang sering hang, mati tiba tiba, gagal booting, dan selalu diminta mengatur waktu itu penyebabnya terjadi karena daya baterai CMOS telah habis atau baterai CMOS rusak, seperti penjelasan di atas baterai CMOS untuk menyimpan settingan BIOS, Nh BIOSlah yang menyimpan settingan waktu, Jika baterai CMOS habis maka otomatis BIOS tidak bisa menyimpan settingan waktu.

Maka dari itu kita harus mengganti baterai CMOS yang tlah habis atau rusak tersebut, biasanya baterai CMOS bertahan selama 5 tahun,  jika di biarkan maka akan menjadi masalah besar, karena bisa menjalar ke berbagai hardware komputer apalagi jika baterai CMOS kembung dan bisa mengeluarkan air jika air tersebut menetes ke motherboard maka kerusakan yang lebih parah bisa terjadi. saya membeli baterai CMOS merek sony dengan harga 5000 rupiah.

 Nah tonton vidio berikut untuk lebih jelasnya.

Nah itulah pengalaman yang saya dapat ketika komputer saya hang, gagal booting dan selalu setting waktu, sekian tutorial kali ini jika ada yang perlu di tanyakan silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah.

Terimakasi

SALAM"ALUHINGEN"


Thanks for reading & sharing Lateng tutorial

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

hubungi saya

Name

Email *

Message *